• INFO
    • Bayar Pajaknya Nikmati Pembangunannya
    • Selamat datang di DPPKAD Boyolali..



Sebagaimana telah ditetapkan dalam Peraturan DaerahPeraturan Daerah Kabupaten Boyolali Nomor 7 Tahun 2021 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Tahun 2021-2026 , maka Pemerintah Kabupaten Boyolali menetapkan visi yang akan dicapai pada tahun 2021-2026 adalah : “Boyolali Maju, Meneruskan Pro Investasi. Melangkah dan Menata Bersama, Penuh Totalitas (METAL)”.

Dalam rangka mencapai visi pembangunan Boyolali dibutuhkan misi yang merupakan rumusan umum mengenai upaya-upaya yang akan dilaksanakan untuk mewujudkan visi. Boyolali memiliki lima misi yang mencakup keseluruhan bidang pembangunan dengan muatan prinsip dasar dan arah pembangunan disetiap misi sebagai berikut:

  1.    Misi 1

            Boyolali Meneruskan Pro Investasi, Maju, Sinergi dan Berkelanjutan

  1.    Misi 2

             Boyolali Sehat, Tangguh, Cerdas, Berkarakter dan Berbudaya

  1.    Misi 3

             Boyolali Kota Susu, Lumbung Pangan Nasional

  1.    Misi 4

             Boyolali Menghadirkan Pemerintahan Yang Bersih, Efektif dan Terpercaya

  1.    Misi 5

             Boyolali Tersenyum, Tumbuh, Mandiri dan Berdaya Saing

 

Dari pencermatan terhadap visi, misi dan program kerja Bupati dan Wakil Bupati memberikan gambaran peran serta dan keterlibatan langsung Badan Keuangan Daerah. Hal ini ditunjukkan melalui pernyataan misi ke 1 yakni Boyolali Meneruskan Pro Investasi, Maju, Sinergi dan Berkelanjutan dan misi ke 4 yakni Boyolali Menghadirkan Pemerintahan Yang Bersih, Efektif dan Terpercaya. Pada kedua misi ini terlihat dengan jelas peran serta dan keterlibatan Badan Keuangan Daerah dalam mendukung program Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah sesuai dengan kewenangan yang telah menjadi tanggung jawab Badan Keuangan Daerah dalam menjalankan tugas pokok dan fungsi. Selanjutnya Badan Keuangan Daerah dalam mewujudkan pencapaian misi 1 berfokus pada tujuan dan sasaran pada RPJMD sebagai berikut;

Tujuan   : Meningkatnya kualitas pertumbuhan ekonomi

Sasaran  : Meningkatnya pemanfaatan BMD untuk meningkatkan PAD

 

Sedangkan pencapaian misi 4 berfokus pada tujuan dan sasaran pada RPJMD sebagai berikut:

Tujuan   : Terwujudnya penyelenggaraan pemerintahan yang baik

Sasaran  : Meningkatnya kualitas pengelolaan keuangan daerah dengan indikator Indeks Pengelolaan Keuangan Daerah dan Opini WTP dari BPK

 

Dengan sasaran dan indikator sasaran tersebut, maka Badan Keuangan Daerah sebagai penyelenggara pelayanan bidang pengelolaan keuangan dan aset daerah menitikberatkan seluruh program dan kegiatan guna mencapai indikator sasaran tersebut.